Gunung Prau – Dieng, Wonosobo

#clickjorfijecki / Perjalanan ke Gunung Prau – Dieng, start dari Bandung sekitar Pukul 21.00 WIB. Menuju Dieng dari Bandung ada 2 jalur, utara dan selatan (Garut dan seterusnya), kita mengikuti jalur utara, dengan kata lain lewat Tol Cipali (Jalur Tol terpanjang di Indonesia – saat ini). Sesampai di Wonosobo, langsung menuju arah daratan tinggi Dieng. Yang menggunakan transportasi umum, kalau dari Bandung bisa dari terminal Cicaheum, bus arah Wonosobo, sampai di Wonosobo atau terminalnya bisa naik bus ke arah Dieng (infonya cmn 10rb rupiah), banyak dan lancar. Perjalanan kurang lebih 45-60 menit sampai di Dieng. Untuk penginapan sendiri, di Dieng banyak tersedia homestay kisarasan 100-200rb/malam.

Gunung Prau bisa ditempuh dengan beberapa alternatif jalur pendakian.
Jalur utara : anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam. Jalur selatan: yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Durasi perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu memakan waktu sekitaran 2-3 Jam perjalanan.

Sesampai diatas buat tenda, waktu ke sini, suhu di gunung prau bisa mencapai 0-1 Derajat Celcius (sekitar jam 1 atau 2 pagi), jadi persiapkan pakaian hangat yang benar-benar hangat. Untuk menikmati sunrise waktu terbaiknya sekitar 04.30 WIB. Selama di atas bisa melihat pemandangan langit yang indah, bintang-bintang di langit kelihatan sangat jelas. Sunrise lain dari Perkemahan Gunung Prau.

Di Gunung Prau ada juga Bukit Teletubies, bukit ini dijuluki bukit teletubies karena bentuk bukit ini menyerupai setting acara televisi untuk anak-anak berjudul Teletubies, warna hijau segar pada bukit bukit yang timbul tenggelam membuat siapa saja yang memandang berasa ingin berlarian berguling-guling di atasnya, tapi sayangnya waktu kesini lagi musim kemarau panjang, jadi ngak bisa lihat hijaunya bukit teletubies. Dari Puncak Prau kita juga bisa melihat Lembah Dieng, perkampungan/desa, dan bisa melihat Talaga Warna.

Taman Bunga Daisy, Permadani Hijau dihiasi manik-manik Bunga Daisy akan memanjakan arah pandang anda jika anda mendaki Gunung Prau pada musim kemarau, dimana musim bunga Daisy yang banyak tumbuh di Gunung Prau mulai bermekaran, tapi sekali lagi sayang, musim kemaraunya terlalu panjang, jadi ngak bisa lihat secara maksimal.

Advertisements

One thought on “Gunung Prau – Dieng, Wonosobo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s