TEKNIK PENCAHAYAAN STROBIST by Adimodel

Tutorial ini saya copy paste dari email pribadi, tanpa menambahkan dan mengurangi teks penulis. Semoga berkenan.

Strobist adalah fotografer yang menggunakan lampu kilat kecil atau external flash sebagai pencahayaan.

External flash sebenarnya adalah lampu kilat yang awalnya dirancang untuk menjadi lampu tambahan yang dipasang langsung di badan kamera (on-camera). Tetapi saat ini fungsinya sudah berkembang, tidak lagi dipasang di badan kamera melainkan bisa diletakkan di luar badan kamera (off-camera) seperti di samping, atas, belakang, dan sebagainya.

Dengan fleksibilitas ini, fotografer dapat mengatur letak, arah, dan kekuatan cahaya secara individu. Bahkan bisa menggunakan satu, dua, atau puluhan lampu sekaligus yang dipicu secara jarak jauh tanpa kabel.

Anda bisa memotret mulai dari skala kecil seperti food photographystill life photography, hingga yang berhubungan dengan model seperti beautyfashionportrait, dan glamour.Strobist juga banyak digunakan dalam pemotretan wedding dan pre-wedding.

Untuk skala yang lebih besar, Anda sebenarnya masih bisa menggunakan teknik dan peralatan strobist asalkan menggunakan lebih banyak flash untuk memberikan poweryang lebih besar. Sebagai contoh, Anda bisa menggabungkan hingga sebanyak enam atau sepuluh external flash untuk memotret objek berskala besar seperti mobil.

KELEBIHAN STROBIST

Ada beberapa kelebihan menggunakan peralatan dan teknik strobist, di antaranya seperti:

Portabilitas

Dengan flash kecil yang bertenaga baterai, Anda bisa mengurangi besarnya perlengkapan lighting. Jika dengan lampu studio yang besar-besar mungkin peralatan Anda membutuhkan dua atau tiga buah tas besar yang harus dibawa oleh beberapa asisten, kini Anda bisa hanya membawa satu buah tas kecil saja.

 Fleksibilitas

Penempatan dan pemosisian lampu menjadi lebih bebas dan fleksibel. Karena ukurannya kecil dan ringan, Anda bisa memosisikan flash di mana saja yang Anda sukai. Bahkan bisa dipegang sendiri, ditempelkan di pintu, di atas lemari, atau di tempat-tempat yang sulit sekalipun.

Aksesori Dan Pembentuk Cahaya

Sewaktu pertama kali strobist muncul, belum banyak aksesori dan pembentuk cahaya yang dijual di pasaran. Tetapi saat ini para produsen peralatan kamera sudah banyak yang memproduksi aksesori strobist sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasaran dengan harga terjangkau.

 Sumber Tenaga

Karena menggunakan tenaga baterai, Anda tidak perlu bergantung pada tenaga listrik di lokasi pemotretan. Anda bahkan bisa menggunakan flash di lokasi-lokasi yang tidak tersedia listrik seperti di gunung, di hutan, di pantai, dan sebagainya.

Copyright © 2013 Sigma Indonesia, All rights reserved.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s